5 Kunci Kesehatan yang Baik, Sepanjang Hari, Setiap Hari

Sebagai guru yoga dan dokter saya mendapat banyak pertanyaan tentang kesehatan. Sejujurnya saya pikir yoga telah mengajarkan saya cara lebih sehat, sementara obat-obatan kebanyakan membuat kepala saya melilit titik-titik penyakit yang lebih baik. Konon, keduanya saling melengkapi dengan sangat baik, dan pada akhirnya mereka dengan jelas menyetujui dasar-dasarnya. Inilah 5 dasar kesehatan dimana kesenian timur dan barat memiliki kesamaan, atau setidaknya saling bertentangan satu sama lain! Beli Triple T Dr Azlan

Image result for Good Health

1. Makanan. Makanan bukanlah iblis. Makanan palsu adalah iblis! Apakah artikel terbaru menguraikan garam, gula, lemak, atau daging, semuanya mengarah pada kesimpulan yang sama. Makan makanan sungguhan, seperti yang Michael Pollan katakan dengan bijak, dalam proporsi yang moderat. Dan memasak makanan Anda sendiri sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda mengonsumsi makanan utuh – buah-buahan, sayuran, biji-bijian, tanpa diproses, tidak dicairkan, bebas dari bahan pengawet, dibuat oleh Anda di rumah dengan bahan-bahan segar – Anda menghindari semua bahaya kelebihan apapun. Masalah utama dengan makanan di Amerika adalah bahwa sebagian besar diproses sehingga Anda mungkin juga menyuntikkannya melalui jarum suntik ke lengan Anda. Karena makanan olahan cenderung dikemas dengan kelebihan kalori, garam, atau bahan kimia, ini akan memicu keadaan peradangan di tubuh, yang tidak dimaksudkan untuk menangani bom nutrisi super jenuh. Jadi makanlah dengan sederhana dan baik, sebagian besar waktu, dan bantu tubuh Anda keluar dengan sangat.

2. Tidur. Mendapatkan beberapa. Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda membawanya ke toko dan menjalankan perangkat lunak perbaikan. Jika Anda secara kronis tidak cukup tidur, Anda berada di belakang kurva kerusakan oksidatif, hasil sampingan alami dari semua metabolisme. Kerusakan pada sel dan DNA terbentuk, begitulah umur kita. Jika Anda sedang berguling-guling bangkit dari tempat tidur, berbaring, duduklah di atas punggung Anda dengan kaki di atas dinding, atau bermeditasi. (Favorit saya adalah mantra “di sini” – hanya mengulanginya diam-diam pada diri sendiri dapat membawa kepalaku kembali dari apa pun hang-up yang dikunyahnya.) Tapi apapun yang Anda lakukan, jangan hanya berbaring dan berjuang. Lakukan sesuatu untuk menenangkan ketidaknyamanan mental atau fisik yang membuat Anda terjaga. Tidak ada aturan berjam-jam. Anda tahu kapan Anda mendapatkan cukup!

3. Latihan. Ini tentang keringat. Banyak guru yoga dan olah raga yang menghindar dari mengatakan bahwa Anda harus benar-benar berkeringat, tapi memang begitu. Anda tidak mengubah keadaan kardiovaskular atau keadaan energik Anda jika latihan Anda tidak termasuk berkeringat. Anda juga tidak mendapatkan detoksifikasi mulia yang merupakan salah satu manfaat utama olahraga. Jadi cari cara untuk berkeringat minimal 3-4 kali seminggu. Yoga hebat, berlari, atau menjatuhkan diri pada salah satu mesin di gym. Bagi saya keringat yang bagus terjadi dalam setengah jam, saya tidak perlu menghubungkan diri saya dengan seorang tangga sepanjang hari. Tapi begitu kemeja saya menempel dan hidung saya menetes, itulah tanda paling sederhana yang pernah saya pindah dan pindahkan adalah satu hal yang tubuh kita paling membutuhkan kesehatan.

4. Meditasi. Meditasi adalah tentang menjadi, tidak melakukan. Ini adalah konsep aneh bagi orang sibuk, yang, seperti kebanyakan kita, mengukur hidup mereka dengan prestasi. Tapi sungguh, ini bukan tentang melakukan satu gaya meditasi dan tentu saja tidak melakukan sesuatu yang baik “benar.” Lebih sederhana dari itu, dan sementara abstrak “makhluk” bisa membuatnya tampak sulit, mulailah dengan melihat apakah Anda bisa Duduklah selama 10 menit setiap hari dan bersama diri sendiri. Tidak menanyakan apapun tentang diri Anda atau lingkungan sekitar Anda. Tidak menilai atau menginginkan atau mengevaluasi. Ikuti napas dan masuk ke hidung Anda jika ini membantu Anda menahan perhatian. Atau tidak. Tapi duduk diam, sendiri, dan di tempat yang sepi, dan berjaga diri selama 10 menit. Saat ini pengamatan diri yang tenang bertindak sebagai kemudi dalam hidup, memantapkan pikiran dan tubuh.

5. Antusiasme. Aku akan mengatakan Cinta, tapi Cinta memiliki semua makna lengket yang melekat padanya. Antusiasme tampak lebih sederhana. Inilah satu-satunya sekolah meditasi yang saya praktikkan sebagai fundamental. Jika Anda dapat menemukan antusiasme untuk sesuatu – kehidupan, pekerjaan, tugas, masalah, latihan meditasi Anda, bahkan rekan kerja Anda yang menjengkelkan – Anda dapat menemukan ringan. Pikiran akan menyimpan banyak sampah yang antusias, dipasangkan dengan sedikit hiburan, seperti tongkat ajaib, memiliki kekuatan untuk menghilang. Dan saat Anda menghilangkan semua pikiran berputar-putar, Anda menemukan kejelasan dan kemudian, cukup sering, jalan ke depan. Antusiasme seperti membersihkan lemari penyimpanan di kepala Anda.